www.megacareerexpo.com


Bekerja Sebagai Event Organizer Sepertinya Menarik Untuk Dicoba

Bekerja Sebagai Event Organizer

Tanggal : 11 Januari 2023, Posted by Wina


Apa itu EO?
Event Organizer adalah penyelenggara yang bertanggung jawab dalam mengatur, merencanakan, mengelola suatu acara agar berjalan dengan efektif dan efisien. Menjadi seorang event organizer memerlukan kemampuan komunikasi yang baik karena akan bertemu dengan banyak klien yang terlibat dalam suatu acara. Biasanya event organizer ini menyediakan jasa untuk menyelenggarakan acara baik secara formal maupun non-formal.

Nah setelah mengetahui pengertian event organizer ini, apa saja sih tugasnya? Dan bagaimana untuk bisa menjadi seorang event organizer yang baik?

Yuk simak informasi berikut ini.
Tugas utama dari seorang event organizer adalah mensukseskan sebuah acara. Perlu skil-skill khusus yang harus dimiliki seorang event organizer agar acara dapat sukses dan penonton serta klien yang bekerja sama dengan kita juga puas dengan penyelenggaraan acara yang kita lakukan.

  • Berikut adalah tugas dari seorang event organizer:
    1. Seorang event organizer harus memahami setiap acara yang akan dikerjakannya, bertemu dengan klien membahas latar
        belakang acara. Mengonsepkan acara dari awal hingga akhir acara.
    2. Menerangkan kebutuhan acara dan mengatur biaya yang sesuai dengan kebutuhan klien.
    3. Mempersiapkan kebutuhan acara mulai dari lokasi, sound system, pengisi acara, MC dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan
         menyesuaikan acara.
    4. Merancang panduan acara dan publikasi acara.
    5. Berhubungan baik dengan para vendor yang bekerja sama.
    6. Mengawasi kegiatan acara saat berjalannya acara sesuai panduan acara yang dibuat.
    7. Melakukan evaluasi acara untuk perbaikan acara selanjutnya.

  • Setelah mengetahui tugas dari seorang event organizer, kita juga harus mengetahui skill-skill khusus apa saja yang harus dimiliki seorang event organizer agar pekerjaan dan tugasnya dapat terlaksana dengan baik.

  • 1. Komunikasi yang Baik

    Kenapa harus memiliki komunikasi yang baik? karena seorang event organizer harus bisa berhubungan dengan semua pihak yang terlibat dan mengkomunikasikan setiap hal-hal dalam acara dengan baik.

  • 2. Teliti dan Peka

    Penyelenggaraan acara memerlukan ketelitian yang tinggi karena banyak sekali hal yang harus diatur. Perencana acara harus memerikasa kembali segala daftar kebutuhan yang telah direncanakan. Kepekaan juga diperlukan karena penyelenggaraan acara harus bisa mengatur acara dengan baik dengan meminimalisi kesalahan.

  • 3. Kemampuan Problem Solving

    Dari kepekaan dalam mendeteksi dan meminimalisir permasalahan, seorang event organizer harus memiliki kemampuan problem solving yang baik dalam menangani segala macam masalah yang terjadi.

  • 4. Multitasking

    Hal ini sangat penting untuk dimiliki bahkan di berbagai jobdesk pekerjaan. Mengapa seorang event organizer harus memiliki skill ini? Penyelenggaraan acara memerlukan persiapan yang banyak, seperti tugas sebelum acara dan setelah acara. Keadaan ini membuat seorang event organizer harus bisa segala halnya, bahkan beberapa kegiatan harus dikerjakan dalam satu waktu.

Source:
https://glints.com/id/lowongan/serba-serbi-event-planner/#.Y75mB3ZBzIU
https://www.hashmicro.com/id/blog/kenali-apa-itu-event-organizer-eo-dan-tugasnya/#2